LA 1 MODUL 2

 



Percobaan 2
Interrupt (LCD dan LED)

1. Prosedur [Kembali]

  • Rangkai semua komponen 
  • Buat program di aplikasi arduino IDE
  • Setelah selesai masukkan program ke arduino 
  • Jalankan program pada simulasi dan cobakan dengan modul
  • Lihat hasil LCD apakah sesuai dengan warna switch yang ditekan

  • Hardware
  • Dipswitch



  • LCD




  • Arduino UNO
  • VCC
  • Ground
  • Diagram Blok



  • Rangkaian Simulasi


4. Prinsip Kerja Rangkaian [Kembali]

  • Prinsip Kerja

Rangkaian ini menggunakan Arduino UNO dan IDE sebagai kontrolernya, lalu LCD sebagai penampil input yaitu berupa counter 1 dan seterusnya, lalu ada LED dan Buzzer yang akan aktif ketika program interupt aktif, dan terdapat switch yang digunakan untuk mengaktifkan program interrupt. Saat program interrupt dijalankan, maka counter yang ditampilkan pada LCD akan tereset dan mulai mengcounter ulang dari 0.

  • Flowchart
  • Listing Program 
#include <LiquidCrystal.h>
#define PB1 A0
#define PB2 A1
#define PB3 A2
#define PB4 A3
#define PB5 A4
#define PB6 A5
#define PB7 12
#define PB8 13

const int rs = 11, en = 10, d4 = 6, d5 = 5, d6 = 4, d7 = 3;
LiquidCrystal lcd(rs, en, d4, d5, d6, d7);

bool Button1,Button2,Button3,Button4,Button5,Button6,Button7,Button8;

void setup() {
  Serial.begin(9600);
  lcd.begin(16,2);

  pinMode(PB1, INPUT);
  pinMode(PB2, INPUT);
  pinMode(PB3, INPUT);
  pinMode(PB4, INPUT);
  pinMode(PB5, INPUT);
  pinMode(PB6, INPUT);
  pinMode(PB7, INPUT);
  pinMode(PB8, INPUT);

}

void loop() {

  Button1 = digitalRead(PB1);
  Button2 = digitalRead(PB2);
  Button3 = digitalRead(PB3);
  Button4 = digitalRead(PB4);
  Button5 = digitalRead(PB5);
  Button6 = digitalRead(PB6);
  Button7 = digitalRead(PB7);
  Button8 = digitalRead(PB8); 

  if(Button1==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 0);
   lcd.print("Merah");
  }
  else if(Button2==HIGH & Button1==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 0);
   lcd.print("Kuning");
  }
  else if(Button3==HIGH & Button2==LOW & Button1==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 0);
   lcd.print("Hijau");
  }
  else if(Button4==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button1==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 0);
   lcd.print("Biru");
  }
  else if(Button5==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button1==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 1);
   lcd.print("Merah");
  }
  else if(Button6==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button1==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 1);
   lcd.print("Uni Wafa");
  }
  else if(Button7==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button1==LOW & Button8==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 1);
   lcd.print("Amaik");
  }
  else if(Button8==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button1==LOW){
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 1);
   lcd.print("Vito");
  }
  else if(Button1==LOW & Button2==LOW & Button3==LOW & Button5==LOW & Button5==LOW & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
  lcd.clear();
  lcd.setCursor(0, 0);
  lcd.print("Silahkan Tekan");
  lcd.setCursor(0, 1);
  lcd.print("Salah Satu SW");
  }
  else{
   lcd.clear();
   lcd.setCursor(0, 0);
   lcd.print("Error");
  }
  delay(100); // Tambahkan penundaan agar tampilan tidak berubah terlalu cepat
}

6. Kondisi dan Analisa [Kembali]






Download Datasheet Arduino

Download Datasheet SPDT

Download Datasheet LCD 2x16



Tidak ada komentar:

Posting Komentar